Kamis, (8/6) Kabupaten Toba merupakan salah satu sasaran pelaksanaan Pelayanan Kesehatan Bergerak (PKB) di daerah terpencil, yang sebelumnya pada bulan lalu dilaksanakan di Kabupaten Batu Bara dan rencananya menyusul di dua bulan depan secara berturut di Kabupaten Mandailing Natal dan Padang Lawas Utara.

Kegiatan yang dihadiri langsung sekaligus dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Toba Drs.Augus Sitorus di laksanakan di Desa Pintu Pohan Kec. Pintu Pohan.

Dalam sambutan Sekda menyambut baik kegiatan ini untuk masyarakat Kabupaten Toba terutama bagi masyarakat lansia yang sudah mempunyai keterbatasan untuk bergerak dan berharap kegiatan yang seripa bukan hanya sekali setahun untuk dilaksanakan di Kabupaten Toba melainkan 2 sampai 3 kali dalam setahun agar masyarakat Toba mendapatkan pelayanan kesehatan dasar yang baik.

Kegiatan PKB sendiri meliputi pelayanan pemeriksaan darah rutin yang didukung oleh UPTD. Laboartorium Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan Provsu, pemeriksaan mata dan paru yang didukung oleh UPTD. RSK Mata dan UPTD. RSK Paru Dinas Kesehatan Provsu. Sementara Pelayanan pemeriksaan oleh dokter spesialis penyakit dalam dan sokter spesialis obgyn didukung oleh RSUD. Porsea. Dilaksanakan juga pemeriksaan golongan darah dan mata bagi siswa SD dan SMA.

Kegiatan yang tidak lepas dari dukungan Dinas Kesehatan Kab.Toba ini diharapakn dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kab.Toba agar tidak terjadi Kejadian Luar Biasa dan mencegah anak-anak desa Pintu Pohan dari stunting melalui kegiatan posyandu dan On teh Job Training (OJT) terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi masyarakat Desa Pintu Pohan Meranti.

By dinkes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *